Selasa, 07 Mei 2013

Jangan cepat bilang' iya' atau 'tidak' (Iyo.. ato Indaak..)

Dari Judul di atas apa ya maksud yang ingin saya sampaikan? wah... saya bingung nih, apa ya..
Tapi saya pengen nulis tentang ini karena ada yang ingin saya sampaikan tapi apo yo yang ingin ambo sampaikan.. hehe.

Gini aja deh, kadang2 kita sering bilang 'iya' atau 'tidak' dari sebuah pertanyaan, komentar, kritik, pendapat,  judge,permintaan, janji, ajakan etc. dari orang lain. tanpa mikir2 terlebih dahulu kita sering bilang langsung kata 'iya' atau 'tidak'. setelah bilang 'iya' atau 'tidak' dan kita berpikir lagi dengan kata yang barusan dibilang itu, trusss ada rasa nyesal bilang 'iyo' padahal dihati atau dipikir - pikir  lagi pengennya bilang 'indak' begitu juga sebaliknya kalau bilang 'indak' sabananyo nio bilang 'iyo'.

Mungkin karena bilang iya seolah-olah kita menyanggupi dari sebuah permintaan orang ke kita padahal, setelah dipikir lagi ternyata gak sanggup atau mungkin lagi malas memenuhinya, begitu juga sebaliknya jika bilang 'tidak'. Apakah itu permintaan, pertanyaan, pendapat, kritik, judge, janji, ajakan orang lain ke kita kalau bilang langsung 'iya' padahal belum tentu setuju dg pendapat, kritik,judge, ajakan etc orang itu begitu juga sebaliknya. tapi kalau seandainya anda bilang 'iya' truss besok 'tidak' itu akan jadi masalah karena anda akan diangap plin-plan dan tidak konsisten.

Entah.. alasan Apa cepat Bilang 'iyo' atau 'indak'? atau mungkin anda sungkan,segan,takut, kawatir, dll
Inti yang ingin saya sampaikan adalah bukan melarang bilang 'iya' atau 'tidak' tapi menyarankan sebelum bilang 'iya' atau 'tidak' harus di pikirkan  terlebih dahulu dg baik.

yang perlu dicatat.. the real man tak akan pernah menarik kata2nya walaupun itu punya resiko besar dan harus tepati janji. okkeh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar